Filsafat Yunani (Materi Kuliah)





FILSAFAT BARAT
      Sejarah filsafat barat mulai di Milete, Asia Kecil sekitar tahun 600 sm. Pada waktu itu Milete merupakan jalur perdagangan Mesir, Itali, Yunani dan Asia. Akibatnya banyak ide bertemu di sini sehingga Milete menjadi pusat intelektual waktu itu. Para filsuf mulai mengamati alam untuk menelaah bahan dasar dan perubahan-perubahannya. Mereka secara perlahan membebaskakan diri dari jawaban mitos dan mulai mengambil langkah menuju penalaran ilmiah, dengan demikian menjadi pendahulu dari sains.
Thales berpendapat bahwa segala sesuatu bersala dari air. Sedangkan Anaximander (610-540 sm), berpendapat bahwa segala sesuatu berasal dari yang tidak terbatas. Menurut Anaximenes ( udaralah yang merupakan unsur induk dari segala sesuatu. Pytagoras yang pertama kali menyebut dirinya filsuf berasal dari Itali selatan. Filsuf lain yang penting dari permulaan zaman kuno adalah Herakleitos (500 sm) dan Parmenides (515-440 sm). Herakleitos mengajarkan bahwa segala sesuatu mengalir (panta rhei), segala sesuatu berubah terus menerus seperti air dalam sungai. Sebaliknya Parmenides mengatakan bahwa kenyataan justru tidak berubah. Segala sesuatu yang betul-betul ada, itu kesatuan mutlak yang abadi dan tak terbagikan.

                                      Filsafat Yunani
Puncak filsafat Yunani dicapai pada Sokrates, Plato dan Aristoteles. Para filsuf alam mereka biasa disebut pra-Socrates. Sejak zaman Sokrates, Athena merupakan pusat kebudayaan Yunani. Sejak saat itu filsafat mengambil arah baru. Jika sebelumnya filsuf mamusatkan perhatian pada dunia fisik semata, maka pada zaman Sokrates, filsafat  memusatkan perhatian pada individu dan kedudukannya dalam masyarakat. Bersamaan dengan masa sokrates, muncul kelompok guru dan filsuf yang berkeliling mencari nafkah dengan mengajar para warga negara dengan imbalan uang. Mereka ini disebut kaum sophis. Menurut kaum sophis tidak ada norma mutlak untuk menetukan apa yang benar dan apa yang salah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar